Tips Mempercepat Koneksi Internet Pada Komputer Anda !

Melakukan berselancar didunia maya memang sangat menyenangkan. Anda dapat bergembira atau bahkan sedih karenanya. Namun, ada satu hal lagi yang lebih menyenangkan, yaitu bila proses koneksi berjalan cukup cepat. Dengan demikian anda tidak perlu terlalu banyak bengong di depan monitor/LCD.

Memang, kecepatan untuk berkoneksi di internet sangat tergantung dari bandwith yang tersedia, dalam hal ini akan lebih lambat lagi bila terdapat masalah di komputer anda. Akan tetapi pada tips-trik kali ini, akan saya jelasakan bagaimana cara mempercepat koneksi internet pada komputer. Dengan sedikit mengutak-atik setting registry, system windows, DNS server, modem, dan software browser yang di gunakan.


SOFTWARE BROWSER MOZILLA FIREFOX, INTERNET EXPLORER DAN OPERA.

Mozilla Firefox

Keunggulan browser Firefox selain disinyalir sebagai browser tercepat, teraman, tercerdas dan terbaik dari seluruh browser yang ada, Firefox pun memiliki dukungan pihak ketiga yang disebut add-ons, seperti halnya wordpress sebagai cms terbaik yang memiliki pendukung (developer) banyak dengan berbagai plugin yang bisa digunakan untuk memaksimalkan kemampuan blog Anda, begitu juga dengan browser Firefox banyak pilihan plugin yang dapat digunakan dan di maksimalkan.

Saat download day Firefox 3.0.0 pada 17-18 Juni 2008 yang lalu tercatat 143.283 orang Indonesia dari total 8.002.530 orang di seluruh dunia yang menjadi bagian sejarah Firefox tercatat di buku Guinness World Record sebagai software yang paling banyak di download dalam tempo 24 jam. Saya yakin Anda, saya dan para blogger menjadi bagian sejarah itu.

Namun jika Anda belum menggunakan Firefox saya sarankan cepat gunakan Firefox versi terbaru, up-to-date! Anda bisa mendownloadnya disini dan rasakan menjelajahi dunia maya dengan kecepatan maksimal, aman dan lebih lebih baik.

Firefox memang browser tercepat tapi tahukah Anda jika Firefox bisa di optimalkan lagi? Bisa dipercepat lagi? Ya, Anda bisa menambah kecepatan browsing menggunakan Firefox dan bisa menambah lagi kecepatannya dengan sedikit trik. Bisa dibayangkan sudah cepat kemudian ditambah lagi kecepatannya? Pasti mantab kan? Saya sudah merasakannya! Sudahkan Anda?

Jika belum, berikut ini cara lebih mempercepat yang sudah cepat menjadi super cepat!

  1. Pertama buka browser Mozilla Firefoxnya, kemudian di address barnya ketik perintah : about:config kemudian enter.
  2. Berikutnya akan muncul parameter dari about:config tersebut, silahkan cari dan ubah parameter berikut:
    browser.tabs.showSingleWindowModePrefs ubah menjadi true
    network.http.max-connections ubah menjadi 64
    network.http.max-connections-per-server ubah menjadi 20
    network.http.max-persistent-connections-per-proxy ubah menjadi 10
    network.http.max-persistent-connections-per-server ubah menjadi 4
    network.http.pipelining ubah menjadi true
    network.http.pipelining.maxrequests ubah menjadi 100
    network.http.proxy.pipelining ubah menjadi true
    network.http.request.timeout ubah menjadi 300
    nglayout.initialpaint.delay ubah menjadi 0
    network.http.request.max-start-delay ubah menjadi 0
    network.http.proxy.version ubah menjadi 1.0
    Network.dns.disableIPv6 ubah menjadi True
  3. Apabila di point no.2 menemukan parameter yang tidak tersedia, silahkan buat sendiri dengan cara klik kanan pilih New dan : String = Untuk nilai yang mengandung huruf. Integer = Nilai yang mengandung angka, Boolean = Nilai yang mengandung 2 pilihan (Yes/No) atau (True/False).
  4. Langkah terakhir restart mozilla firefox-nya, kemudian buka lagi dan rasakan efeknya.

Langkah di atas merupakan cara untuk memaksimalkan si cepat menjadi lebih cepat, cara mempercepat browsing menggunakan Firefox!

Namun tahukah Anda jika cara di atas masih bisa dipercepat lagi? Nah lho! Kalo begitu cepat+cepat+cepat=super cepat! Yupz, browser Firefox Anda akan menjadi super duper cepat dari yang tercepat! Mau tau caranya?

Caranya cukup sederhana yaitu dengan menggunakan pihak ketiga, Add-ons Fasterfox! yang pernah direkomendasikan Firefox sendiri. Anda tinggal mendownload, menginstal Fasterfox pada browser Firefox Anda.

Internet Explorer

Jika Anda masih cinta produk paman saya "Bill Gates", Internet Explorer (IE). Anda pun masih bisa memaksimalkan kecepatannya namun tentu saja tidak secepat Firefox donks! Tapi lumayan dah... Nah untuk Anda yang suka menggunakan IE dan ingin menambah kecepatannya berikut ini sedikit trik mempercepat browsing koneksi internet menggunakan Internet Explorer.

Caranya : Klik Start/run/regedit
  1. Hapus(Delete) registry ini = {D6277990-4C6A-11CF-8D87-00AA0060F5BF}
    [HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Explorer\RemoteComputer\NameSpace\{D6277990-4C6A-11CF-8D87-00AA0060F5BF}]

    [HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Explorer\RemoteComputer\NameSpace\{2227A280-3AEA-1069-A2DE-08002B30309D}]

  2. Masukan/buatkan registry berikut ini,
    [HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Microsoft\Windows\CurrentVersion\policies\system]
    “SynchronousMachineGroupPolicy”=dword:00000000
    “SynchronousUserGroupPolicy”=dword:00000000

    [HKEY_CURRENT_USER\Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Policies\Explorer]
    “NoRecentDocsNetHood”=dword:00000001

    [HKEY_CURRENT_USER \ Software \ Microsoft \ Internet Explorer \ Main]
    “FrameMerging” = string “no”
    “TabProcGrowth” = string “no”
    Tinggalkan sahaja ( recommended )

    [HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Internet Setting
    MaxConnectionsPerServer = 10
    MaxConnectionsPer1_0Server = 10

    [HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Microsoft\Internet Explorer\MAIN\FeatureControl\FEATURE_MAXCONNECTIONSPERSERVER]
    Value name: iexplore.exe
    Value data: 10
    Base: Decimal

    [HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Microsoft\Internet Explorer\MAIN\FeatureControl\FEATURE_MAXCONNECTIONSPER1_0SERVER]
    Value name: iexplore.exe
    Value data: 10
    Base: Decimal

    [HKEY_CURRENT_USER\Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion]
    lalu klik pada folder Internet Settings,Pada sidebar kanan Anda akan melihat (default) berada di urutan paling atas, double klik dan isi nilainya (value) dengan 10.

  3. Klik Start/run/cmd
    Pada prompt ketikkan : regsvr32 actxprxy.dll

  4. Lihat langkah-langkah pada artikel Tips Mempercepat Kinerja PC/Notebook Anda ! Step ke-2.

  5. Restart komputer, buka Internet Explorer dan rasakan bedanya.

Opera

Belum lama ini, tepatnya tanggal 13 Maret 2009, Opera Lab merilis Opera Turbo yang diklaim mampu meningkatkan kecepatan koneksi internet terutama untuk sambungan internet dengan bandwidth terbatas. Pada kenyataannya, meskipun setting koneksi internet kita sudah optimal, kalau bandwidth sambungan internet kita kecil, tetap saja kegiatan selancar kita di dunia maya tetap saja terhambat. Untuk mengatasi hal ini Opera Lab mengembangkan suatu teknologi yang diberinama Opera Turbo, yaitu sebuah teknologi optimasi dan kompresi pada sisi server yang mampu memberikan peningkatan kecepatan browsing pada sambungan internet dengan bandwidht terbatas dengan cara mengompresi atau memampatkan lalu lintas jaringan.

Dengan menggunakan teknologi ini, selain kecepatan browsing yang semakin cepat, biaya sambungan internet juga akan turun karena data yang kita download pada saat browsing sudah dimampatkan dengan tidak mengubah atau menurunkan kualitas tampilan halaman web yang kita kunjungi. Hal ini karena Opera Turbo menggunakan teknologi yang disebut “Opera Web Optimization Proxy”, yang berbeda dengan teknologi "Opera Binary Markup Language" yang digunakan pada Opera Mini sehingga layout dan teks yang ada pada website yang kita kunjungi akan terlihat benar-benar sama dengan aslinya meskipun sebenarnya sudah dikompresi sedemikian rupa sehingga ukurannya akan menjadi kecil. Ukurannya yang menjadi kecil sebagai hasil dari proses kompresi teknologi Turbo inilah yang membuat browsing menjadi lebih cepat dan menghemat penggunaan volume data yang kita gunakan sehingga biaya sambungan internet kita bisa lebih hemat.

Cara kerja teknologi turbo ini bisa digambarkan sebagai berikut:

turbo technology 300x235 Mempercepat Koneksi Internet yang Lemot dengan Opera Turbo

Pada saat kita memanggil sebuah halaman web, kita akan mendownload berbagai macam elemen halaman web dari server situs tersebut.

  1. Pada kondisi biasa, data tersebut akan didownload dan langsung ditampilkan di browser kita.
  2. Jika kita menggunakan teknologi Opera Turbo, data tersebut akan dilewatkan pada Opera Turbo Server terlebih dahulu. Pada server turbo tsb, data dimampatkan menggunakan teknologi “Opera Web Optimization Proxy”.
  3. Baru setelah itu, data dikirimkan ke browser yang kita gunakan baik itu opera browser, opera mini maupun opera devise SDK.

Browser handal ini tersedia untuk berbagai jenis sistem operasi yang sering digunakan, yaitu:

  • Opera Turbo for Windows
  • Opera Turbo for Mac OS X
  • Opera Turbo for Unix/Linux

Bagi yang sudah tidak sabar ingin menjajal kemampuan teknologi terbaru dari Opera Lab ini, silakan download opera turbo klik disini...


SYSTEM WINDOWS PADA MODEM DAN ADSL MODEM.

Tahukah kamu bahwa kecepatan koneksi internet dapat kamu tingkatkan dengan mengubah beberapa setting tertentu pada Windows. Walaupun sekarang sudah banyak software-software untuk mempercepat koneksi internet saya kira kamu tidak akan rugi untuk mengetahui cara mempercepat secara “manual” seperti yang tercantum di bawah ini:

System windows pada modem.

Cara pertama :

  1. Dari Control Panel, klik icon Modem.
  2. Pada kotak dialog Modem Properties, pilih modem yang akan diubah settingnya dan klik pada tombol Properties.
  3. Pada tab General, ubah Maximum Speed menjadi 115200.
  4. Pindah ke tab Connection dan klik tombol Port Setting.
  5. Dari kotak dialog Advanced Port Setting, beri tanda check pada Use FIFO buffers. Kemudian ubah Receive Buffer menjadi 14 dan Transmit Buffer menjadi 16. Lalu klik OK.
  6. Klik button Advanced, beri tandacheck pada Use Flow Control. Kemudian pilih radio button Hardware. Pada bagian Extra Setting, isi dengan &C1&D2E1Q0V1X4%C0 S7=55 S11=55 S0=0.
Cara kedua :
  1. Dari Control Panel, klik icon System.
  2. Pindah ke tab Device Manager.
  3. Pada bagian Ports (COM & LPT), pilih port yang digunakan oleh modem Anda dan klik tombol Properties.
  4. Pindah ke tab Port Settings.
  5. Pada bagian Bits per second, isi dengan 921600.
Cara ketiga :
  1. Buka file system.ini yang terletak di C:\Windows.
  2. Pada bagian [386Enh], tambahkan dengan COM1Buffer=16384. Ubah COM1 dengan port yang digunakan oleh modem.
ADSL modem.

Memaksimalkan kinerja ADSL modem.

Cara setting :
  1. Masuk ke settingan modem. Contoh ketik 192.168.1.1 pada address bar browser.
  2. Jika ada security password isi. User Name : admin, Password : admin (Default).
  3. Klik Advanced Setup.
  4. Klik ADSL, lalu pilih ADSL Mode, awalnya pasti ADSL2+ lalu diganti menjadi G.DMT, lalu klik save.
DNS Server.

Pengertian DNS

Domain Name System (DNS) adalah distribute database system yang digunakan untuk pencarian nama komputer (name resolution) di jaringan yang mengunakan TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol). DNS biasa digunakan pada aplikasi yang terhubung ke Internet seperti web browser atau e-mail, dimana DNS membantu memetakan host name sebuah komputer ke IP address.

DNS dapat disamakan fungsinya dengan buku telepon. Dimana setiap komputer di jaringan Internet memiliki host name (nama komputer) dan Internet Protocol (IP) address. Secara umum, setiap client yang akan mengkoneksikan komputer yang satu ke komputer yang lain, akan menggunakan host name. Lalu komputer anda akan menghubungi DNS server untuk mencek host name yang anda minta tersebut berapa IP address-nya. IP address ini yang digunakan untuk mengkoneksikan komputer anda dengan komputer lainnya.

Cara setting DNS untuk IP dynamic :

Start -> control panel -> Network connection -> Your ISP -> properties -> networking -> internet protocol(TCP/IP) -> click IP automatically ( for IP Dinamyc ) -> Use DNS address-> typing your DNS

atau

Start -> connect to -> your ISP -> properties -> networking -> internet protocol IP/TCP -> press properties -> click IP automatically ( IP Dinamyc ) -> Use DNS address -> typing your DNS

box for IP, remain empty no written




Daftar DNS Server :

OpenDNS
208.67.222.222
208.67.220.220

DNS Google
8.8.8.8
8.8.4.4

DNS Nawala
180.131.144.144
180.131.145.145

DNS Telkom Speedy
Medan - 203.130.206.250
Batam - 203.130.193.74
Jakarta - 202.134.0.155
Jakarta - 203.130.196.155
Bandung - 222.124.204.34
Surabaya - 202.134.1.10
Balikpapan - 203.130.209.242
Denpasar - 61.94.192.12

Bagi yang mengunakan layanan speedy. Kecepatan speedy tiap-tiap kota berbeda-beda. Jika anda salah satu pelanggannya dan ingin mendapatka koneksi yang terbaik. Gunakanlah DNS server kota anda atau terdekat. Semakin dekat dengan DNS Server, semakin cepat respont antar server maka semakin cepat pula koneksi internetnya. Sebelum mengunakan DNS server, sebaikya anda cek dahulu apakah DNS server itu layak di pergunakan atau tidak. Dengan cara test ping, cek tiap-tiap DNS server. Caranya Klik Start>Run, contoh ketik ping 202.134.0.155 -t Enter. Lihat dan perhatikan TIME dan TTL nya, semakin kecil nilainya maka semakin bagus koneksinya. Jika sebaliknya berarti DNS servernya tidak layak untuk di gunakan.

Jika langkah-langkah di atas sudah Anda praktekkan maka tidak ada ucapan lain selain, “Selamat berselancar dengan koneksi internet cepat!”

SELAMAT MENCOBA !


0 komentar:

Posting Komentar